Home » » Cara Perawatan Ciblek Liar

Cara Perawatan Ciblek Liar


Mungkin burung ciblek bukanlah burung yang sulit dicari, mulai dari hutan sawah dan pohon-pohon sekeliling kita saja masih banyak ditemukan burung yang satu ini. dan juga jika kita membeli ciblek di pasar, mungkin banyak ciblek yang masih liar atau baru saja ditangkap sehingga ciblek tersebut belum terbiasa dengan suasana sangkar.






kerodonglah ciblek

Dan berikut saya akan berikan tips bagaimana menjinakkan ciblek yang masih liar. untuk membuat ciblek terbiasa dengan suasana sangkar, yang pertama yaitu kerodonglah sangkar dengan kain atau koran dan hindarkan dari keramaian. untuk pakannya sendiri tentu saja ciblek belum bisa makan vour, maka berikan kroto segar setiap pagi dan sore hari. dan jangan lupa memberikan minum yang dicampur dengan multivitamin ataupun antistes burung.

Untuk hari ketiga berikan cimblek kroto yang dicampur dengan vour dengan perbandingan 75% kroto dan 25 % vour yang dicampur sedikit air. dan untuk tiga hari selanjutnya campuran vour ditambah kembali menjadi 50% dari semula, dan seterusnya hingga ciblek 100% bisa makan vour. jangan lupa berikanlah 2 ekor jangkrik kecil setiap pagi hari dan campuran kroto bisa juga di ganti dengan ulat hongkong.

Untuk satu minggu berikutnya bukalah kerodong sangkar dan berikan vour secara keseluruhan tanpa dicampur air (kering). hal ini untuk membuat ciblek secara perlahan-lahan mengenal dunia barunya.
untuk tips selanjutnya jika ciblek sudah bisa memakan vour secara utuh maka gantungkan ciblek di keramaian, tapi jangan terlau sering. sampai si ciblek siap untuk ditaruh di keramaian.


Pemberian jangkrik dan kroto segar juga wajib diberikan juga. dengan memberikan ef segar secara berangsur angsur akan menjaga supaya ciblek tetap rajin bersuara.

Dan juga ada tips lagi jika ciblek anda sudah terbiasa dengan dunia barunya, yaitu supaya ciblek anda rajin berkicau:

-Taruhlah ciblek di teras saat pagi hari, yaitu saat matahari terbit. karena semua jenis burung suka dengan keadaaan pagi hari menjelang matahari terbit.
-Beikan jangkrik kroto dan kalau bisa ulat hongkong. dan mandikan ciblek dengan semprotan lembut.
 -Jemur ciblek antara 2-3 jam, setelah itu taruhlah di teras rumah ataupun tempat yang teduh.
-Saat sore hari berikan pakan seperti pada pagi hari dengan jumlah yang sama.
-Kerudunglah kembali sangkar pada malam hari dan taruh di dalam rumah.

penjemuran ciblek


sumber referensi: burunglokal.blogspot.com
gambar : google.co.id

0 Coment:

Post a Comment