Home » » CIRI-CIRI PRENJAK KEPALA MERAH

CIRI-CIRI PRENJAK KEPALA MERAH

PRENJAK KEPALA MERAH- Burung prenjak kepala merah memang berbeda dengan saudaranya yaitu prenjak lumut. kedua burung ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama atau agak sulit dibedakan, tetapi jika kita perhatikan dengan seksama perbedaan itu akan nampak. Burung  ini merupakan satu keluaga yaitu prinia, dan berikut ts akan jelaskan perbedaan yang mencolok dari prenjak kepala merah.



prenjak kepala merah


Ciri prenjak kepala merah yaitu untuk pejantan dan betinanya hampir sama, ciri yang paling mencolok yaitu satu helai ekor panjang yang menjulang sampai bawah.
Untuk prenjak kepala merah jantan terdapat 2 bulu ekor tengah yang lebih panjang, dan untuk bulu dadanya prenjak kepala merah memiliki bulu dada agak hitam atau gelap, sedangkan untuk yang betinanya wana bulu dadanya cenderung lebih terang.
Dan untuk yang anakan dapat dibedakan dari warna kepalanya, untuk yang jantan warna kepala jauh lebih merah dari pada prenjak betina yang lebih pudar warna merahnya.  Bentuk ekor untuk yang jantan  lebih cenderung membulat atau mekar sedangkan yang betina lebih menguncup.

Untuk masalah ocehan, prenjak kepala merah lebih punya variatif suara daripada prenjak lumut, dan prenjak kepala merah akan saling sahut-menyahut dengan sang betina jika didekatkan.
untuk segi perawatan prenjak kepala merah lebih mudah beradaptasi dan mudah dipelihara dari pada saudaranya prenjak lumut


prenjak kepala merah

prenjak lumut (hampir sama)

prenjak lumut

Dan yang membuat saya terheran-heran dengan burung yang kecil ini bukanlah dari kicauannya. melainkan dari sangkarnya, karena sangkar prenjak menurut saya adalah istimewa. Kalau burung lain membuat sarang dari ranting atau daun kering yang dibentuk melingkar, tetapi untuk prenjak tidaklah demikian, si burung yang satu ini membuat sangkarnya dari daun pohon yang dibuat melingkar silinder (tabung) dan dimasukkan ranting-ranting kering di dalamnya yang membuatnya sangat indah. subhanallah

sangkar burung prenjak


sumber referensi : burunglokal.blogspot.com
gambar : www.google.co.id

0 Coment:

Post a Comment