Home » » TIPS PERAWATAN BURUNG MURAI BATU

TIPS PERAWATAN BURUNG MURAI BATU

Perawatan Murai Batu - Burung murai batu memang burung yang gampang-gampang susah dirawat, untuk merawatannya kita harus memperhatikan dari mulai pakan, mandi , penjemuran dll. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang tips perawatan si burung murai batu ini.

Dimulai dari pakan, yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi, vitamin maupun mineralnya. Pakan yang baik banyak mengandung antara karbohidrat protein serta acupan vitamin seperti vitamin A, E , D3 , B1 , B6, B12 , C. selain itu pemberian mineral juga dibutuhkan si murai batu, mineral akan  membantu pembentukan darah dan tulang,keseimbangan cairan tubuh, fungsi sistem pembuluh darah jantung dll.


Gunakanlah vour yang berkadar protein antara 12%-18%. berikan vour secukupnya pada si burung.
untuk EF, berikan EF segar pada si murai, pemberian EF segar seperti jangkrik, kroto dan Ulat hongkong akan membuat murai senang berkicau. jangan lupa pemberian EF harus disesuaikan pada masing masing burung, karena setiap burung mempunyai selera EF yang berbeda-beda.


murai batu

murai batu dalam sangkar




Sangkar murai biasanya diberi sangkar kotak maupun bulat, berikan ukuran sesuai dengan panjang tubuh si murai. Biasanya lebih  besar karena ekor murai biasanya sangat panjang, jangan lupa berikan angkringan pada sangkar yang biasanya terbuat dari kayu yang berbentuk leter T.



sangkar bulat dan kotak murai batu


Biasakan kerodong sangkar pada malam hari, hal ini dimaksudkan untuk membuat murai tetap hangat.
Biasakan jemur murai antara 1-2 jam setiap pagi harinya dimulai sesaat matahari akan terbit.


penjemuran murai batu

Terima kasih, semoga bermanfaat :-)
sumber referensi   : omkicau.com/murai-batu
gambar                   : google.co.id

0 Coment:

Post a Comment